FOREX

salju

Ayo Daftar Sekarang Disini..

blogspot tutorial,blog,tips blogging

Jumat, 24 Februari 2017

karang gigi dan cara menghilangkannya

seputar info - hello teman teman, sahabat sahabat dan saudara saudara seuptar info yang terkasih dan seputar info sayangi. selamat malam dan semoga bahagia selalu dimanapun kita berada. pada hari ini tanggal 23 Februari 2017 seputar info akan kembali menghadirkan info info menarik seputar kesehatan, dikarenakan seputar info menganggap kesehatan itu adalah hal terpenting diantara semua hal yang ada di dunia ini.


bagaimana tidak ??? dengan adanya kesehatan, kita menjadi mudah untuk melakukan segala sesuatu. tanpa adanya kesehatan dalam kehidupan sehari hari, segala sesuatu yang kita lakukan tidak akan pernah berjalan dengan lancar. apapun jenis kesehatan tersebut sangatlah penting dan tidak akan berkurang fungsinya dalam kehidupan sehari hari.

pada hari ini seputar info akan mengajak teman teman, sahabat sahabat dan saudara saudara untuk mengenal info kesehatan yang berhubungan dengan gigi, sebagai salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk mengunyah makanan, sebagai tahap awal dalam sistem pencernaan manusia. gigi merupakan organ pertama yang berfungsi untuk mencerna makanan, sehingga tubuh dapat menyerap kandungan yang ada di dalam makanan tersebut.


dengan adanya gigi, makanan yang kita makan akan dihancurkan dengan cara dikunyah oleh gigi dibantu oleh enzim yang dihasilkan oleh ludah untuk melunakkan makanan sebelum masuk ke saluran pencernaan di dalam tubuh. gigi merupakan alat bantu pencernaan yang sangat diperlukan untuk menghancurkan makanan. jadi kita harus menjaga kesehatan gigi kita agar dapat membantu sistem pencernaan kita.

yang akan dibahas oleh seputar info pada hari ini adalah seputar karang gigi yang merupakan salah satu masalah kesehatn pada gigi. karang gigi adalah plak gigi yang mengalami mineralisasi yang berada pada permukaan gigi ataupun pada gigi. karang gigi umumnya berwarna putih atau kekuning kuningan yang kita sebut dengan istilah plak gigi yang kemudian mengalami mineralisasi dan menjadi keras. karang gigi juga dapat menjadi berwarna kehitaman bila sering mengkonsumsi kopi ataupun makanan yang mengandung pewarna.


jadi pada awalnya karang gigi merupakan plak gigi yang tidak atau kurang bersih dalam menyikat gigi, kemudian mineral dari ludah yang biasa membantu mencerna makanan mengenai plak tersebut dan mengendap, lama kelamaan plak gigi tersebut menjadi keras dan terbentuklah karang gigi. karang gigi pada awalnya berbentuk kecil dan lama kelamaan plak yang menjadi karang gigi tersebut terus bertambah menjadi semakin besar dan dapat masuk ke celah celah gusi. sebenarnya bila ditelaah lebih jauh, karang gigi merupakan kumpulan bakteri yang ada pada gigi dan bila masuk ke dalam gusi dapat menyebabkan infeksi, sebab dari sanalah, karang gigi perlu dibersihkan.

bila karang gigi tidak dibersihkan maka dapat berdampak :
1. memiliki bau mulut yang tidak sedap dikarenakan karang gigi terbentuk dari endapat makanan yang tersisa pada gusi dan mengalami pembusukan sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap
2. radang pada gusi, dikarenakan adanya pembusukan makanan yang terjadi dan menimbulkan bau tidak sedap, maka dapat menyebabkan radang pada gusi.

1. dengan cara menyikat gigi sebelum tidur dan sesudah makan dengan tujuan agar pada gigi tidak terdapat sisa makanan yang tersangkut di celah celah gigi dan mengalami pembusukan
2. dengan menggunakan pasta gigi khusus yang mengandung fluroid dan tartar untuk mengontrol dan membersihkan karang gigi
3. banyak mengkonsumsi air putih akan mengurangi plak pada gigi yang akan termineralisasi menjadi karang gigi.
4. mengurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung tepung, dikarenakan gula dan tepung merupakan faktor utama yang dapat memicu terbentuknya karang gigi, karena gula dan tepung mudah menempel pada gigi.


Setelah seputar info sebutkan dan jelaskan mengenai karang gigi tersebut di atas, hendaknya kita dapat mencegah dan bila ada karang gigi segera dibersihkan. agar kesehatan gigi sebagai pintu masuk makanan dan pencernaan pertama menjadi lebih sehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar