FOREX

salju

Ayo Daftar Sekarang Disini..

blogspot tutorial,blog,tips blogging

Senin, 23 Januari 2017

fungsi lilin beserta dampak negatifnya

Seputar Info - Tahukah teman teman bahwasannya lilin merupakan penemuan yang paling tua dari jaman jaman primitif yang ada ?

di dalam sejarah dan asal usulnya lilin dinyatakan sebagai benda yang paling primitif yang masih saja digunakan hingga jaman sekarang ini. sejarah juga mengutarakan bahwasannya orang orang primitif sudah menggunakan lilin tersebut sejak 3000SM tepatnya di daerah sekitaran mesir. lilin merupakan sumber dari penerangan yang terdiri atas sumbu yang berbalut zat zat atau bahan bakar yang bersifat padat. sebelum memasuki abad ke 18, bahan bahan bakar yang membalut sumbu tersebut biasanya terbuat dari bahan minyak hewani, seperti minyak dari sapi, kerbau, dan lain lain sebagainya.

tetapi pada jaman sekarang ini kebanyakan lilin dibuat menggunakan parafin atau sejenis bahan bakar yang terbuat dari kimia, pada jaman sekarang ini lilin banyak digunakan untuk  keperluan lain selain penerangan, dikarenakan pada jaman sekarang ini telah ditemukan listrik dan lampu sebagai penerangan, biasanya akan digunakan untuk upacara keagamaan, perayaan ulang tahun maupun sebagai aromaterapi.

pada jaman sekarang ini lilin kebanyakan terbuat dari bahan parafin, dimana parafin ialah senyawa hidrokarbon serta merupakan senyawa alkana. lilin parafin yang kebanyakan digunakan masyarakat pada jaman sekarang ini merupakan zat yang terbuat dari hasil penyulingan minyak bumi, pada jaman sekarang ini juga dapat deperoleh dari hasil sintesis. 

lilin sejak jaman dahulu telah kita ketahui sebagai alat untuk membantu penerangan dengan cara membakarnya. tetapi tahukah anda bahawasannya lilin juga memiliki fungsi lain di dalam kehidupan ?
berikut akan kita lihat apa saja sih kegunaan lain dari lilin tersebut :

1. mempermudah kita ketika resleting celana maupun resleting lainnya tersangkut, dengan mengoleskan lilin pada gerigi yang ada pada resleting, maka dapat mempermudah kita untuk membuka dan menutup resleting tersebut

2. lilin juga dapat mempermudah kita menaruh jarum, jarum merupakan sebuah benda yang sangat tajam dan halus, sehingga kita wajib menaruh dan meletakkan benda tersebut dengan sangat hati hati agar tidak melukai diri kita, jarum dapat ditancapkan di lilin agar tidak terjatuh dan mempermduah kita mencarinya.

3. mencegah dan menghentikan air mata saat kita sedang akan memasak dan mengiris bawang. dengan menyalakan lilin disaat mengiris bawang, maka aroma bawang tersebut akan tertahan oleh lilin dan tidak sampai ke mata yang mengakibatkan mata perih dan mengeluarkan air mata

4. lilin juga merupakan bahan yang kedap air ataupun tahan air, maka dari ini lilin layak digunakan untuk melapisi kertas kertas maupun surat surat yang penting agar terhindar dari percikan air.

5. lilin merupakan suatu senyawa yang ada terkandung minyak di dalamnya, jadi lilin dapat digunakan untuk menghilangkan bunyi decit pada pintu maupun pada benda lain di sekitar engselnya dengan cara mengoleskan lilin tersebut.

tuh teman teman semuanya, kegunaan lilin bukan hanya sebagai alat penerangan saja loh, tetapi ada juga kegunaan lainnya. tetapi teman teman tentu harus mengetahui juga apa sih dampak negatif dari penggunaan lilin dalam kehidupan sehari hari :

1. lilin memiliki zat zat senyawa yang terdiri dari senyawa kimia yang sangat berbahaya yang dapat mengakibatkan dampak buruk seperti bahaya rokok, bahkan dapat lebih berbahaya daripada rokok. 

2. gangguan pernafasan, parafin sebagai bahan baku pembuatan lilin dapat memperburuk penyakit asma dan juga asap dari pembakaran parafin tersebut dapat mengakibatkan iritasi atau infeksi di dalam saluran pernafasan

3. mengakibatkan sakit kapala dikarenakan mengandung bahan bahan kimia seperti toluena maupun benzena

4. mengakibatkan terbentuknya tumor ginjal yang disebabkan oleh kebanyakan menghirup asap dari lilin tersebut

5. terbentuknya kanker yang disebabkan oleh asap pembakaran lilin tersebut seperti kita menghirup asap kendaraan bermotor.

nah teman teman semuanya, ketika terjadi pemadaman listrik tentunya kita memerlukan penerangan untuk dirumah terutama pada malam hari, kebanyakan dari kita pastinya menggunakan lilin sebagai alat penerangan utama. tetapi pada jaman sekarang ini telah banyak beredar lampu lampu portable yang bisa di cas dan bertahan cukup lama, dengan adanya lampu portable cas tersebut sebaiknya kita menghindari pemakaian lilin yang dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan kita.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar